Permainan Outbond Tanpa Alat

Mendesain sebuah outbound tidaklah harus dilakukan dengan biaya yang tinggi, apalagi tujuan outbound itu hanya untuk sekedar keluar sejenak dari rutinitas yang ada. Semisal, jeda diantara seminar atau pelatihan. Permainan outbound akan menjadi efektif apabila pesan dalam permainan tersebut tersampaikan kepada para peserta dan mereka dapat mengaplikasikannya dalam pekerjaan dan kehidupannya.
Sebenarnya banyak sekali permainan outbound yang dapat dilakukan dengan alat yang minim atau seadanya bahkan ada beberapa permainan juga yang tanpa menggunakan alat sama sekali. Berikut kami akan berikan beberapa contoh permainan kecil outbound yang bisa diaplikasikan dengan mudah.

Buta Tuli Bisu

Permainan ini merupakan permainan yang cukup dikenal oleh masyarakat. permainan membutuhkan setidaknya 3 orang yang akan memerankan si Buta, Tuli, dan Bisu. Apabila peserta banyak maka anggota regu lainnya akan menjadi si Buta. Tentukanlah sebuah rute yang harus dilewati oleh anggota regu yang berperan sebagai si Buta, mereka harus berjalan mengikuti rute yang terdapat rintangan dari garis start menuju finish. Nah si buta akan berjalan dengan mengikuti aba - aba dari si Tuli dimana si Tuli tidak boleh melihat (dalam posisi membelakangi) rute yang dilewati oleh para si buta. dan tugas si Bisu adalah memberikan arahan kepada si Buta melalui si Tuli dengan memperagakan perintah - perintah tersebut menggunakan anggota badan. Kelompok peserta yang dapat menyelesaikan dengan waktu tersingkat adalah pemenangnya. Pesan moral dalam permainan ini adalah kerjasama. bagaimana sebuah tujuan dapat tercapai dengan kerja sama yang baik karena pribadi dalam setiap kelompok pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing - masing. oleh karena itu toleransi dalam seebuah kelompok itu penting bagi tercapainya sebuah tujuan.

Kobra dan Kera

Permainan outbound yang berikut ini cukup menarik karena biasanya peserta akan gemas dengan permainan ini. Sesungguhnya permainan ini akan menjadi lebih seru apabila pesertanya lebih banyak karena semakin panjang badan ular kobra akan menjadi tantangan yang mengasyikkan. Peserta dipilih satu orang untuk berperan sebagai kera dan satu orang sebagai kepala ular kobra sedangkan peserta yang lain berbaris berbanjar dan memgang pinggang atau pundak teman yang ada didepannya untuk membentuk badan dan ekor ular. Tugas kera adalah menangkap orang paling belakang atau yang berperan menjadi ekor ular tersebut. Nah kepala ular harus berusaha dapat menangkap kera tanpa memutus ikatan sebagai ular. Untuk lebih membuat seru permainan maka dapat dtambahkan variasi dengan aturan bahwa kera menangkap ekor ular harus dengan membelakanginya. serta cara bergandengan ular juga dapat di buat sesuai dengan umur peserta. untuk para peserta yang masih muda dan enerjik maka dapat diatur bahwa ular harus bergandengan tangan dengan tangan kiri peserta depan harus melewati antara kaki kanan dan kiri menuju kebelakang untuk bergandengan dengan tangan kanan peserta di belakangnya. kera yang tertangkap dapat masuk kedalam barisan ular dan menunjuk orang lain sebagai kera. Pesan moral dalam permainan ini adalah bagaimana tim dapat mencapai tujuan tanpa memiliki rasa egois atau mencari selamatnya sendiri. karena setiap pekerjaan memiliki resiko yang berbeda - beda 

Kuadrat Angka

Kuadrat angka adalah permainan yang cukup simpel karena biasa digunakan dalam acara - acara seminar untuk mencairkan suasana atau dalam istilah outbound disebut sebagai ice breaking games. Cara berminnya cukup mudah yakni berhitung seperti dalam sebuah barisan. akan tetapi angka yang diucapkan bukanlah 1,2,3 dst melainkan kuadrat sebuah angka. fasilitator akan menyebut sebuah angka dan kemudian menunjuk seseorang sebagai kuadrat selanjutnya angka tersebut. Contoh, Fasilitator menyebut angka 7 kemudian menunjuk seseorang maka orang tersebut harus menyebut angka 14 dan orang yang ada di sebelah kirinya harus melanjutkan perhitungan tersebut dengan menyebut angka 21 dan terus dilanjutkan seperti berhitung oleh orang selanjutnya. orang yang tidak dapat menyebutkan angka dengan benar harus mendapat hukuman untuk maju dan menghibur peserta lainnya. Pesan moralnya adalah konsentrasi dalam sebuah tanggung jawab itu penting.

Kapal Perang

Permainan ini cocok dimainkan dengan banyak orang. setiap kelompok peserta terdiri dari minimal 7 orang. setiap kelompok mewakili kapal perang masing - masing negara. setiap kelompok baris berbanjar dan menghadap kearah lawan lainnya  dan kemudian ketika fasilitator menyebutkan nama sebuah negara atau nama kelompok tersebut maka setiap orang dalam setiap kelompok tersebut secara satu persatu harus meneriakkan kata CEKREKKREK (Menirukan suara senapan di kokang), AWAS, BIDIK, SIAP, TEMBAK, DOR, dan peserta di banjar ketujuh harus menyebutkan nama negara atau kelompok lawan. nah kelompok yang disebut harus melakukan hal yang sama. hingga nanti ada kelompok yang tidak bisa menyebut dengan sempurna maka dia harus dinyatakan tenggelam tertembak. Begitu terus hingga tertinggal satu kelompok yang menjadi pemenangnya.   

Simon Says

Permainan ini juga bisa disebut sebagai kata simon. bermainnya cukup mudah karen fasilitaor hanya memberikan perintah dengan didahului "Kata Simon" atau "Simon Says" maka peserta harus mengikuti perintah tersebut akan tetapi apabila fasilitator tidak mendahului perintah tersebut dengan "kata simon" atau "simon say"s maka peserta tidak boleh melakukan perintah tersebut nah peserta yang salah harus maju untuk menghibur teman - temannya.

Keyword search:
Previous
Next Post »